Shoki

Review Earphone dbE HF30

Gw pecinta musik...  well... dan kuping gw rada manja. Selama ini gw menggunakan perlengkapan perang seperti ini: PC dengan audio audigy 2 di pair dengan Speaker Altec Lansing ATP3, sekarang PC gw udah dijual, dan ATP3 nya ada di kantor, di PC dengan soundcard C-Media, suaranya masih cukup buat gw lah... Trus buat portable gw masih setia dengan W810i, pengen beli DAP (Digital Audio Player) baru tapi belom ada rezeki lebih. Jadi tadinya pakai W810i dipair dengan HPM-70. Sampai akhirnya hal yang gw takutkan terjadi... HPM-70 gw ilang di kampus.... parah....

Setelah hilang 2-3 hari, hidup pun mulai berasa hampa, makan rasanya hambar, tidur pun rasanya tak nyenyak. Mulailah gw browsing buat cari cari pengganti si HPM-70 ini. Setelah gw cari cari... Akhirnya gw putuskan untuk membeli produk dbE, yang perlu dicatet adalah gw gak tau ini produk lokal atau produk cina... Tapi review dari produk-produk dbE ini di hampir semua situs cukup positif. Sebenarnya gw banyak pertimbangan lain juga, karena disaat bersamaan gw juga membutuhkan sebuah headphone dan amplifier. Tapi kita lupakan aja dulu. Disini gw cuman pengen bahas dbE HF30.

Gw beli produk ini di pameran indocomtech 2009, di stand dbE, langsung tanya tanya langsung bareng bosnya, Michael Maryo (maap kalo salah nama :p), Gw sempet coba kombinasi banyak produk, di stand dbE gw sempet cobain AKG K412P, Cowon D2, FiiO, W810i gw, HPM-85 gw (gw beli HPM-85 beberapa hari sebelum pameran), dan beberapa produk dbE. Setelah gw burn-in sekitar 70-80 jam. Gw menemukan kalau earphone berjenis earphone in-ear ini tidak begitu ngebass. Tapi detail dan staging suaranya cukup oke, desain dari earphonenya sendiri cukup oke dari segi fungsi, gak gampang copot. Walaupun dari segi desain bentuk dan finishing produknya sendiri sebenarnya sangat standard. Produknya gak menunjukkan kalau ini adalah barang mewah. Well, barang mewah?  Paling tidak earphone seri HF30 ini adalah andalan dari dbE pada saat gw beli. Tapi ok lah, disini gw beli kualitas, bukan gaya. Sayangnya sampai hari ini amplifier FiiO E3 gw yang merupakan bonus di indocomtech, belum sampai juga (waktu gw beli, produknya udah abis, jadi sellernya memberikan opsi agar produknya dikirim via kurir).

Jadi overall dari produk ini adalah: Sellernya oke, silahkan cari bro hanhan di kaskus atau seller earphone terpercaya. Garansinya 1 tahun, selama tidak ada cacat fisik, garansinya tukar baru. Paketnya lengkap, dapet hardcase pouch, beberapa jenis pad buat tiap ukuran kuping. Kemasannya bagus, gak terkesan murahan. Staging dan detail dari earphone ini memang luar biasa. Kalau bass, gw berharap amplifier FiiO yang akan datang  bisa membantu performa dari earphone ini. Well, walau begitu... Earphone ini bener bener recommended. Dengan harga 300 rebu gw bisa dapet produk seperti ini, gw puas.

dbE: Good sound is not expensive
www.dbe-acoustics.com dan www.dontblameyourears.com/

untuk foto HF-30 yang gw beli, bisa liat di halaman flickr gw

Blogged with the Flock Browser

0 komentar: