Shoki

Review Headphone Amplifier FiiO E3

Akhirnya hari yang gw tunggu tunggu tiba juga. Amplifier yang merupakan bonus saat gw beli earphone HF-30 sampai juga ke kantor gw. Ketika buka gw bener bener kaget. Karena ternyata produk ini dikemas dengan sangat apik. Kotak kemasannya cukup keren, well mengingat harganya, gak banyak loh produk yang dijual murah tapi dikemas dengan baik seperti ini, desainnya bagus dan printingnya rapi (dasar designer, yang diliat pertama koq kemasannya). Begitu gw buka, kembali lagi gw kagum. Karena walaupun gw sudah pernah melihat langsung produknya, gw tetep salut karena produk ini begitu mungil. Dibelakang produknya tertulis "Manufactured by FiiO, Made in China, Power: 1 piece AAA size battery". Well, ini produk lokal, atau produk cina? Persetan. Biasanya kalau udah ditulis seperti ini, Manufactured by: A dan "Made in" atau "using bla bla technology", itu pasti produk yang gak mau mengakui asal pembuatannya :p Well disini gw bukan beli gengsi, gw beli kualitas. Mau buatan Jepang kek, buatan cina kek, buatan bandung kek, buatan cibaduyut kek, gw gak bakal perduli. Setelah kagum dengan ukurannya, gw pun menuju ke ruangan administrasi untuk minta baterai AAA 1 buah, buat test drive produknya.

Lagu pertama yang gw coba untuk menguji kemampuan benda ini adalah lagu Live your life dari Starbreaker, dan kemudian beberapa lagu lainnya dari band yang sama. Dan kemudian gw pun test lagu ini dengan lagu j-pop, YUI (oh she's so lovely). Setelah puas gw uji di W810i gw, gw pun test di PC gw yang menggunakan soundcard onboard, dengan player winamp. Setelah gw uji dengan lagu lagu tersebut, gw sudahi dengan beberapa kesimpulan (hal ini akan bersifat subjektif sesuai selera musik gw), yaitu sbb. Saat gw test drive di  W810i gw, ada suara aneh seperti suara detik pada jam, tik tik tik... (Suara ini hilang kalau musiknya sudah di play). Dan saat memainkan lagu lagu, FiiO ini menjalankan tugasnya dengan baik, menaikkan level volume lagu. lagu yang biasa gw dengar dengan volume 7, sudah gw dapat dengan setel volume 2.5. Dan dari segi power yang dihasilkan, gw juga cukup puas, Bass dari output amplifier ini meningkat, memenuhi kebutuhan gw (karena HF-30 yang gw pakai di handphone, itu kurang ngebas IMHO), tapi tenang aja, bass yang dihasilkan tidak berlebihan sehingga menimbulkan kesan norak (lagu cuman bassnya doank, suara vokalisnya kagak kedengeran) seperti di angkutan umum. Mengurangi kualitas dari suara outputnya nggak? jawabnya TIDAK. Walaupun akhirnya pada saat memasang amplifier ini di W810i gw, gw harus mensetting ulang equalizernya agar cocok dengan kuping gw. Dan kemudian pada saat gw test di PC, suara tik tik tik tik tadi pun hilang. Saat gw menggunakan amplifier ini, ada sedikit hiss (suara hisssss seperti kita gedein suara speaker tanpa memainkan musik), tapi buat gw sih nggak menganggu yah.

Overall, gw SANGAT puas dengan performa amplifier ini. Buat yang suka musik dan sering menggunakan DAP portable, boleh menggunakan amplifier ini, worth it banget. Sekarang gw cuman berharap kalau durabilitynya produk ini bisa gw andalkan.

Perlu gw sebutkan, gw bukan penjual produk ini dan gw hanya pengguna yang merasa puas dan berharap dengan review ini dapat berbagi cerita dengan orang lain, agar produk FiiO ini bisa lebih laku lagi dan bisa menciptakan produk produk lain yang jauh lebih berkualitas lagi.

Untuk foto Amplifier Headphone FiiO E3 dari berbagai sudut, bisa liat di halaman flickr gw

Blogged with the Flock Browser

0 komentar: