Shoki

Bagaimana cara mudah menghafalkan hiragana dan katakana

Teman-teman pembaca blog banyak yang komentar langsung ke gue, "Steve, romajinya ditulis donk !!" Gue sejak awal udah pertimbangkan tentang perlu nggaknya romajinya ditulis, tapi percayalah, kalo romajinya gue tulis, maka teman-teman pembaca gak bakal mau menyempatkan diri buat hafalin hiragana. Hahahaha. Jadi biar adil, sebagai ganti dari romajinya, gue akan berbagi pengalaman gue waktu menghafalkan hiragana/katakana. Banyak situs/blog lain yang menawarkan berbagai macam konsep menghafal hiragana yang efektif dan cepat. ada yang menggunakan metode flashcard, ada yang menggunakan metode mnemonic, ada yang beranggapan cara paling efektif adalah dengan menuliskan tiap tulisan sambil mengucapkan dengan kencang, bunyi dari hiragana yang sedang teman-teman tulis.

Flash card: metode ini menggunakan banyak kartu, jadi di satu sisi adalah hiragana, di sisi lain dari kartunya adalah romajinya. Dan sekarang banyak situs yang menyediakan flashcard hiragana / katakana. Tapi gue sendiri dulu latihan di situs david hallgren.

Mnemonic: metode ini menggunakan bantuan gambar, yang mirip dengan bentuk hiragananya, contoh: た kalau dilihat sekilas mirip dengan tulisan romaji "ta" atau て yang mirip tengan T. Daftar mnemonic kanji yang gue dulu gunakan adalah buku "kana mnemonic" dari michael rowley, tapi gue gak akan posting linknya disini, kalau tertarik, silahkan beli, hargailah sang penulis. Atau sebagai subsitusinya, bisa menggunakan link ini. Silahkan print dan hafalkan.

Sedikit himbauan dan saran dari gue, belajarlah menulis, pelajari jangan hanya bentuk dan cara membacanya, tapi tulis dan hafalkan, itu akan membantu, untuk stroke order (urutan garis mana dulu yang harus ditulis), gue dulu belajar dari humanjapanese.com. Coba aja yang trial versionnya, via web koq, dia akan kasih tau sedikit tentang sejarah hiragana, dan ada lessonnya.

Semoga membantu yah.... ja...
dan seperti biasa, jangan lupa tinggalkan komentar yah :p

Blogged with the Flock Browser

2 komentar:

Rossi

October 4, 2010 at 10:14 PM

Coba yang lain :

http://skyzea.blogspot.com/2010/09/belajar-hiragana.html

Anonymous

January 5, 2011 at 10:00 PM

arigatou gozaimasu
sangat membantu :))
saya baru banget belajar jepang.

oya saya mau tanya..kalo yg belakangnya "...tsu" itu yg dibaca "t"-nya aja ya?
misalnya "shokubutsu" kedengerannya seperti "shokubut"
itu gmn y cara baca yg benernya?