Shoki

Harus Hafalin Berapa Banyak Kanji?

Kanji. Berhubung gue lagi belajar jepang, gue begitu penasaran. Setiap hari gue berusaha menghafalkan beberapa kanji. Gue bertanya-tanya. Mau sampe kapan nih belajar kanji. Aksara chinese total ada sekitar 50.000 (baca: LIMA PULUH RIBU) kanji. Shit... Kakek gue yang udah umur 90-an pun mungkin gak tau sampe 50.000 kanji. Berhubung mulai panik dan kehilangan motivasi, gue browsing dan menemukan bahwa pada tahun 1946 setelah perang dunia  II, pemerintah Jepang sendiri sebenarnya sudah memberikan standarisasi dari jumlah kanji itu sendiri. Walau kanji diluar dari standarisasi tersebut kadang dipakai, itu biasanya dianggap kanji yang tidak umum.

1. 教育漢字 (Kyoiku Kanji) adalah 1006 huruf kanji yang dipelajari di sekolah dasar, dan walau dirancang untuk anak-anak sekolah dasar, kyoiku kanji juga dapat digunakan dalam proses belajar orang asing seperti gue sebagai kanji yang paling sering dipakai sehari-hari.

2.
当用漢字 (Toyo Kanji) adalah daftar dari 1850 kanji yang disahkan pemerintah untuk digunakan dalam dokumen umum dan media massa. Selain daftar kanji, saat mensahkan beberapa peraturan dalam penggunaan kanji dan tata bahasa, yaitu:
• Toyo kanji harus digunakan dalam dokumen resmi dan pemerintah.
• Untuk penulisan kata yang arti dari kanjinya bukan merupakan bagian dari kata tersebut, harus ditulis dalam hiragana.
• Untuk penggunaan kata ganti, konjungsi (kata penyambung), kata seru, kata keterangan, kata bantu kerja, karangan, kata akhiran, menggunakan hiragana.
• Kata kata serapan bahasa asing, menggunakan katakana.
• Secara umum, furigana tidak boleh digunakan (mungkin dipake untuk ngajar, baru boleh kali yah)
• Untuk istilah teknis, Toyo kanji lebih disarankan, atau hiragana dan katakana, dibandingkan kanji non-toyo.
• Pemakaian kanji untuk penamaan, boleh menggunakan kanji non-toyo.
• Nama hewan, tanaman, atau nama tempat dari berbagai negara disesuaikan dengan cara pengucapan aslinya dan dituliskan dalam katakana.
• Daftar dari kanji telah distandarisasi.

3. 常用漢字 (Joyo Kanji) adalah tambahan sebanyak 95 kanji untuk kanji Toyo yang disahkan tahun 1981, Sehingga menjadi total 1945 kanji. 1006 diantaranya adalah Kyoiku Kanji yang diajarkan pada sekolah dasar, dan 939 sisanya diajarkan pada sekolah lanjutan.

4.
人名用漢字 (Jinmeiyo Kanji) adalah daftar dari 983 kanji, yang diperbehkan dalam penggunaan nama. Sebelum Jinmeyo kanji ini disahkan, pemerintah jepang sempat membuat 2232 daftar tambahan untuk jinmeyo kanji ini, kanji kanji seperti "kanker", "pembengkakan anus", "mayat", "lacur", "perkosa", walau kemudian ketika disahkan pada tahun 2004, hanya 983 yang disahkan.

Nah, dan untuk bisa membaca manga, teman-teman hanya perlu 500-an kanji, tapi yah minimal 1000 kanji lah. Dan untuk kanji keitei, ujian di jepang untuk pemahaman dan perbendaharaan kanji, untuk bisa lulus level tertinggi (dari total 10 level), teman-teman hanya perlu pemahaman 6000-7000 kanji. Apa? 6000 kanji terlalu banyak? Ah, mendinglah daripada belajar mandarin, 50.000 kanji... 6000-7000 terasa jadi sangat mudah...


catatan: foto imut diatas gue embat dari flickr orang lain... wakakakaka

Blogged with Flock

5 komentar:

Anonymous

March 31, 2008 at 10:45 AM

Tashikani, meskipun mirip tapi kesannya karakter kanji Jepang lebih gampang daripada karakter Mandarin. Demo yappari, I still hate kanjis.

Hail Hiraganaaaaa!!! Hail Romaji!!!!

Steve

March 31, 2008 at 10:28 PM

Menurut gue:

1. Kanji jepang lebih sulit daripada kanji cina, karena kanji jepang tidak mengenal simplified.

2. 1 huruf kanji jepang, bisa dibaca dalam 2 lafal, Onyomi dan Kunyomi.

3. Jumlahnya kanji yang boleh dipergunakan telah dibatasi.

Hiragana? wah, gue juga heran, kalo mau adu cepet cepetan nulis 1 dokumen, gue pikir lebih cepat kalo ditulis full hiragana, tapi bayangin, andai gue mau bikin packaging, dan isinya hiragana semua, maka ntar kemasan itu isinya tulisan semua, dan gak bisa ada space buat taruh foto dan tagline lagi...

dan lagi, ah plis donk, kanji itu juga masalah seni... trust me, menulis kanji itu lumayan menyenangkan, walau gue belom nemuin metode paling gampang buat gue ngafalinnya :p

TAN

May 19, 2010 at 11:10 AM

belajar terus pantang mundur...
semangat !!!

ClaspedRumble35

June 28, 2021 at 4:09 PM

Wah bisa stress gua sih ngehafal 500 Kanji,heran gua kenapa orang Jepang,China Ama Korea buat bahasa segini banyak.

Anonymous

December 23, 2022 at 6:17 PM

Artinya paling enak bahasa indonesia ya? Tapi mungkin kalo bagi mereka bahasa indonesia juga sulit lho, sama seperti yg kita pikirkan sekarang saat bljr bhs jepang. Negara kita bahasa adatnya jg banyak sekali ,setiap bahasa ada bahasa halus ada kasar🤣wkwkw lieur nyonge