Shoki

Japanese Inn

Berikut adalah berbagai macam jenis akomodasi yang secara umum dapat kita gunakan bila berkunjung ke jepang:

1.ホテル (Hoteru/Hotel)

Hotel seperti pada umumnya diseluruh dunia, bergaya western dan mungkin ada beberapa gaya jepang didalamnya,  Harga sekitar ¥10.000 - ¥50.000, dan dapat ditemukan di banyak tempat di jepang. Seluruh fasilitas yang ditawarkan biasanya seperti hotel hotel pada umumnya. Jadi gak banyak yang bisa diceritakan.

2. 旅館 = りょかん (Ryokan) & 民宿 = みんしゅく (Minshuku)

旅館 adalah hotel jepang bergaya tradisional, mulai dikenal sejak jaman edo, dan biasanya beralaskan tatami, memiliki 温泉 = おんせん (tempat pemandian air hangat/hotspring), beberapa 旅館 menengah keatas bahkan menyediakan 温泉 kecil untuk pribadi. Dan makanan yang disajikan biasanya adalah makanan jepang.

Sementara ada juga 民宿 yang sebenarnya adalah rumah penduduk, yang memiliki izin resmi untuk menyewakan kamar atau ruangan yang ada dalam tanah milik mereka. Sama seperti 旅館, 民宿 juga bergaya jepang, hanya saja merupakan penginapan "bed & breakfast", jadi tidak ada layanan tertentu atau dan lain sebagainya.

Harga kamar 旅館 antara ¥6.000 - ¥30.000, sementara 民宿 bertarif antara ¥4.000 - ¥10.000. 旅館 dan 民宿 merupakan pilihan yang menarik apabila ingin merasakan liburan ala jepang.

3. ビジネスホテル (Bijinesu Hoteru/Business Hotel)
Merupakan versi murah dari ホテル, merupakan hotel dengan fasilitas lumayan, dengan harga serendah mungkin. Tarif pada umumnya adalah ¥4.000 - ¥9.000

4. ペンション (Penshon/Pensions)
Sering dibandingkan dengan 民宿, juga merupakan rumah tinggal, yang kamarnya disewakan. Hanya saja ペンション merupakan rumah modern atau bergaya western. Tarif pada umumnya adalah ¥4.000 - ¥12.000

5. カプセルホテル (Kapuseru Hoteru/Capsule Hotel)
Sebenarnya ini adalah hotel yang menargetkan para pria, yang membutuhkan kamar hanya untuk tidur. Walau begitu, カプセルホテル juga menyediakan tempat khusus wanita, jadi ruangan untuk cowok dan cewek tuh dipisah. Kalau pulang dugem, terlalu mabuk untuk pulang kerumah, silahkan mampir disini wakakakakaka. Ukuran kamarnya cukup buat tiduran, ada televisi, dan tempat tidur. Harga perkapsul (baca:perkamar) biasanya antara ¥3.000 - ¥4.000.

Selain hotel dan losmen yang umum diatas, sebenarnya, masih banyak pilihan akomodasi di jepang, sebagai contohnya ada dorm/dormitories yang harganya antara ¥1.000 - ¥3.000, biasanya 1 kamar diisi dengan tempat tidur bertingkat dan 1 kamar ada 4-6 orang. Ada juga hostel, tempat tinggal yang mirip hotel. Juga ada 宿坊 = しゅくぼう, dimana kita tinggal didalam kuil buddhist.Makanan yang disediakan adalah makanan vegetarian, sangat menarik buat dicoba kalau kita ingin mempelajari tentang agama buddhist dan shinto di jepang. Menurut pengakuan dari para pengunjung yang sudah pernah mencoba tinggal di 宿坊, orang orang di dalam kuil sangat bersahabat, walaupun kita belum paham tentang agama mereka itu sendiri.

Buat teman-teman yang berencana pergi untuk jangka waktu yang panjang, bisa mencoba juga untuk sewa apartment bulanan yang harganya dimulai dari ¥40.000.

Sepertinya ada yang lupa? ラブホテル (Love hotel)? Wakakakakaka.... ラブホテル adalah hotel di jepang yang menyediakan kamar untuk disewa dalam waktu singkat untuk tujuan seks. Biasanya hotel ini serba otomatis, memiliki jendela sesedikit mungkin, jadi gak perlu malu. ラブホテル  juga menyediakan kamar untuk disewa semalaman koq. Beberapa ラブホテル bahkan menyediakan fasilitas fasilitas seperti tempat tidur yang bisa berputar, Cermin di langit langit kamar, mesin karaoke, lampu disko, bahkan ada juga yang menyediakan perlengkapan bondage. Gue gak bakal bahas tentang tipe hotel ini deh. Ntar banyak anak dibawah umur yang nyobai wakakakakaka....

Mata ne, jangan lupa tinggalkan komentar yah...

Seluruh harga, adalah harga yang tercantum pada website japan-guide dan foto hotel paling atas adalah milik Grand Hotel Akasaka. Foto ryokan dan capsule hotel adalah milik wikipedia.

Blogged with the Flock Browser

2 komentar:

Pitiful Kuro

March 27, 2008 at 7:24 PM

walah, ada2 aja, nga nyangka yg namanya love hotel dengan berbagai macem aksesorinya tu beneran ada yah? kirain cuma di manga2 aja,

penasaran sama yang hotel kapsul, dari dulu pengen nyoba dari pertama kali gw ngeliat di manga kariage kun..

Steve

March 28, 2008 at 10:06 PM

Tentu ada donk....

:D :D :D

gue malah pengen cobain tinggal shukubou >.<