Shoki

Bahasa Jepang Dasar - Bagaimana caranya...

これ = ini
それ = itu
ゆっくり = perlahan
日本語 = bahasa jepang
英語 = えいご = bahasa inggris
言います = いいます = mengucapkan
読みます = よみます = membaca

すみません, これ英語で何と言いますか? "Bagaimana cara mengucapkan ini dalam bahasa inggris?" これ dapat diganti menjadi それ sehingga artinya menjadi "Bagaimana cara mengucapkan itu dalam bahasa inggris?". Begitu juga 英語 (えいご) dapat diganti dengan 日本語 (にほんご) sehingga  menjadi "Bagaimana cara mengucapkan ini/itu dalam bahasa jepang?" Atau kata これ/それ dapat dihilangkan menjadi すみません, 英語/日本語で何と言いますか? (dengan catatan, teman-teman butuh objek untuk ditanyakan, biasanya dengan ditunjuk), jadi teman-teman bisa bertanya sambil menunjuk ke sesuatu, kemudian bertanya 英語/日本語で何と言いますか?

Kata kata diatas juga bisa dikembangkan, kata 言いますか diganti menjadi 読みますか. Sehigga artinya menjadi "Bagaimana cara membaca ini?" dan tentunya artinya adalah cara membaca dalam bahasa jepang. Sehingga kalimatnya menjadi すみません, これ/それは何と読みますか?Sama seperti diatas, それ dan これ dapat dihilangkan, dan teman-teman bisa hanya menunjuk ke suatu tulisan, dan kemudian bertanya すみません, 何と読みますか? atau "Bagaimana cara membacanya?"

Ada kemungkinan, setelah pertanyaan dijawab, jawabannya terdengar kurang jelas, atau terlalu cepat, teman-teman bisa mengucapkan もう一度お願いします = もういちどおねがいします yang artinya adalah "tolong ucapkan sekali lagi" atau "tolong diulangi".

Atau kalau jawabannya terlalu cepat, bisa bilang ゆっくりお願いします = ゆっくりおねがいします yang artinya adalah "mohon perlahan" atau "tolong agak pelan"

Mata ne, dan jangan lupa tinggalkan komentar yah...

Blogged with the Flock Browser

2 komentar:

Anonymous

March 17, 2008 at 2:23 PM

Skrg malah lebih parah lagi, udh romajinya ga ada, kebanyakan kanjinya lagi.....Gimana belajarnya???

Steve

March 17, 2008 at 2:56 PM

wakakakakakakka.... kebanyakan kanjinya tapi kan ada hiragananya, kkk.... duh jadi gak enak hati nih...