Shoki

Mau dibikin sebodoh apa sih bangsa kita ini?

Ini sebenarnya pengalaman beberapa bulan lalu, gue adalah pengguna telp genggam sejak jaman HP blom bisa SMS, dan kemudian beberapa tahun lalu disaat teknologi CDMA diperkenalkan, gue pun tertarik dengan tarif tarif murahnya, dan kemudian gue menggunakan Provider CDMA sampai 2-3 bulan lalu. Gue pengen kembali menggunakan provider GSM.

Memilih handset, bukan hal yang sulit, gue sudah cinta sama Sony Ericsson sejak awal. Berhubung gue bukan tipikal tukang gonta ganti handset (gue menggunakan Nokia 6015 selama 4-5 tahun) dan kemudian disaat gue memutuskan untuk menggunakan GSM, gue milih Sony Ericsson W810 warna black helena. Uh, my precious Helena.

Memilih Provider selular, itu yang susah. Jaman gue dulu SMU, cuman ada Mentari, Simpati, dan XL. XL adalah provider termahal, dan semua orang menggunakan mentari dan simpati. Akhirnya gue teliti lagi, bertanya dan surfing di internet cari info tentang provider yang memberikan layanan terbaik dan efisien harga tentunya. Tapi apa yang gue temuin bener bener bikin kaget. XL hadir dengan XL Jempol-bebas-xplor, Simpati ada as-pede-halo, Indosat dengan mentari-M3, Bla bla bla dan adalagi provider provider lain macam 3 (gue gak tau ini GSM atau CDMA, sekali lagi, gue bukan pemerhati selular).

Gue diposisi konsumen, begitu pusing dengan perhitungan yang disodorkan provider ini, Sekarang bahkan ada tarif mulai dari 0.1 rupiah / detik, sampai iklan "nol koma sejuta nol satu" nya M3 yang gue baru tonton kemaren. Gue gak ngerti, dengan istilah "nol koma sejuta nol satu", kemudian M3 mengadakan kuis, "berapa jumlah nolnya" dengan pilihan "A.10" "B.11". Aduh... Blom lagi dengan segala syarat dan ketentuan berlakunya.

Gue menyikapinya gini, paket perdana, itu oke, mungkin ada yang suka ber-sms aja, ada yang males sms, lebih sering telp, paket tanpa roaming, dll, dll.. Tapi kenapa perhitungannya begitu dipersulit, dan segala syarat dan ketentuan berlaku itu harus ditutup tutupi (baca: tulisannya dikecilin). BAHKAN iklan antar provider selular ini sudah semakin panas, Semuanya melakukan saling sindir secara langsung atau gak langsung. Gue adalah creative designer, dan gue yakin, sebenarnya masih banyak cara lain untuk beriklan yang tidak perlu sampai seperti itu.

Cape deh...... para konsumen dan bangsa ini masih aja berusaha dibodoh bodohin...

Syarat dan ketentuan berlaku:
Gue adalah seorang pengguna XL, dan gue udah gak perduli dengan tarif yang ditawarkan provider lain, dan perubahan cara penghitungan pulsa dll... CAPEK

Blogged with the Flock Browser

0 komentar: