Shoki

Bahasa Jepang Dasar - Kata kata penting 02

Gue tekankan sekali lagi, gue akan berusaha menjelaskan sebaik mungkin tentang apa yang gue pelajari dan gue tahu disini. Gue belum pernah tinggal di jepang, tapi apa yang gue bagi disini hanya gue dapet dan pelajari selama ini di Indonesia, so sekali lagi maaf yah kalo gak berkenan :p

Makan di restoran jepang, ada enak dan nggaknya. Ada beberapa
makanannya yang gak cocok di lidah gue. jadi mungkin harus selektif
dalam pilih makanan. Hari ini gue bakal bantu jelasin tentang kata-kata
penting yang mungkin elo perlu tahu selama diresto...

大丈夫 = だいじょうぶ = arti harafiahnya bingung juga jelasinnya, tapi kalo bahasa inggrisnya kurang lebih "alright". kalau kita tanya 大丈夫ですか? Kurang lebih artinya "oke gak?" / "cocok gak?" / "masalah gak?". Tapi kali ini gue bahas dalam konteks makan aja. 大丈夫ですか? berarti "makanannya cocok gak?" atau "loe bisa makan makanan ini gak?". Kalau emang cocok, maka tinggal bilang 大丈夫 atau kalau mau sopan, teman-teman boleh menambahkan です menjadi 大丈夫です. Trus kalau kita ngerasa gak suka, bagaimana menyampaikan bentuk negatifnya?

駄目 = だめ = arti harafiahnya "gak oke" atau "no good", jadi kalau mau gak cocok sama makanannya, kita boleh bilang 駄目, dan itu adalah bentuk kasual, supaya menjadi bentuk yang sopan, seperti 大丈夫 diatas, kita tinggal menambahkan です menjadi 駄目です.

Karena begitu banyak varian makanan jepang, mulai dari sushi, shabu-shabu, yakiniku, sukiyaki, dan banyak banget yang lainnya. Dan kadang kita gak tau mesti pesan apa dan minta pendapat waiternya. maka kita bisa gunakan kata kata: お薦めをお願いします = おすすめ を おねが いします.
おねがいします adalah tolong, を adalah partikel, dan お薦め berarti rekomendasi.
Jadi dengan mengucapkan お薦めをお願いします, kita minta rekomendasi waiternya, dan biasanya akan ditawarkan menu terbaik / terpopuler dari resto tersebut.

Berikut gue kasih sedikit perbendaharaan kata:
蛸 = たこ = gurita
鮪 = まぐろ = tuna
海栗 = うに = bulu babi

catatan: foto diatas adalah foto sushi set di ichiban sushi citraland. Murah dan enak, silahkan dicoba. Next time, gue akan coba review restoran itu disini.

Blogged with Flock

3 komentar:

Anonymous

March 31, 2008 at 10:54 AM

Adoh lo ngomong apaan sih... lewat dr paragraf 4 gw ora mudeng

Ichiban Sushi enak? Ga salah tuh? Justru yang gw denger dari temen gw, Ichiban Sushi itu salah satu resto paling ga enak... dagingnya udha ga seger gitu. Termasuk AUCE yang di Crowne juga sama. Harga memang menentukan kualitas.

Tapi karena gw sendiri blon pernah coba, jadi gw jg ga tau. Yang jelas, walaupun gw suka dengan kebudayaan Jepang, tapi untuk masalah makanan gw masih lebih milih Pizza lah ya (baca: makanan 100% matang). Ah, pantesan gue gendut. Makanannya junk food semua. Ahhhhhhhhhhhh...... sh*t

Steve

March 31, 2008 at 10:33 PM

yah, ichiban sushi gka giut eank... :p sedikit di scramble ah... terutama wasabinya... cuman harganya terjangkau dan masalah fresh sih bener, tapi kalo nemuin sushi yang gak fresh, komplain aja (ini boleh diterapkan di semua sushi resto).

Masalah makan sih nanti gue review lagi deh kalo ada rencana wisata kuliner :p

Lewat dari paragraf 4? masa sih? :p

Rani Jannaty

June 6, 2017 at 8:59 PM

Well, I was a newbie and learn japanese about 2 weeks now. As for me, your article is easy to understand. Well, everyone have their own opinion.